Thursday, November 15, 2007

[REVIEW] iPhone : Gorgeous, multitalented, but not perfect.

The Review


Apa khabar duniaaa ?? Wah..dah lama banget gak nulis review-reviewan, bukan cuma karena kemaren-kemaren males ( heuhuehhuehe jujur bgt ya gue ) tapi juga karena gak ada gadget yang asik buat direview. Nah sekarang ada nih, kali ini gue mau ngereview gadget baru dari Apple. Gak puas dengan iPod, iMac dan ai ai yang lainnya itu, sekarang Steve Job mau maen-maen di dunia perhenponan. Pas diperkenalkan pertama kali banyak yang ternganga-nganga, tapi banyak juga yg pesimis, emang apa sih kelebihannya dan kekurangannya handphone ini dibanding henpon-henpon laen ? mau tau ? mari-mari sini, ikuti saya.

The Introduction

Awal taun ini, Steve Jobs ( empunya Apple ) membuat geger para pecinta Apple di amrik sana dengan memperkenalkan satu gadget keluaran terbarunya, namanya iPhone, dari namanya logis ya kalo seharusnya gadget ini harus bisa buat nelpon, kalo bisa buat dimakan pasti namanya jadi iYur ( baca : ai-yur ), atau kalo bisa berkokok pasti juga namanya iYam ( baca : ai-yam ), kalo buat diajak jalan-jalan sabtu sore nonton, makan, mesra-mesraan namanya iYang ( baca : ai-yang ). Heuehueheue maap, intermezzo ( nah kalo ini bacanya biasa aja gak usah jadi ai-ntermezzo :P ) basically, iPhone ini merupakan penggabungan dari 3 gadget, yaitu handphone, ipod & mobile internet browser. Nice huh ? are you intrigue ? enough with the blabbering, let’s get to the good stuff.

The Looks
Untuk soal design, cuma satu kata, Apple banget, simple dan gak neko-neko, eh itu tiga kata ya :P, dengan tinggi lebar dan tebal sekitar 4.5 x 2.5 x 0.46 inch ( that’s 115 x 61 x 11.6 mm ) dan berat 135 gram, iPhone ini pas banget kalo lagi digenggam sama tangan, gak tau kalo pake kaki. Bagian depan warnanya hitam dan cuma ada layar Multi-touch, Speaker, sama tombol Home dan bagian belakangnya bukan metal seperti ipod video yang gampang banget lecet kalo gak pake sarung. Jadi kalo misalnya buat gaya tanpa harus pake pouch pun sepertinya masih aman-aman aja.

The Body

As I was saying earlier, bagian depan dari iPhone adalah 3.5 inch LCD, yang merupakan multitouch display, multi-touch display gampangnya adalah teknologi touch-screen yang lebih advance, mmmh penjelasan teknis nya gue belon cari di internet maap. Oh iya untuk menggunakan multi-touch ini kita gak perlu pake yg namanya stylus. Cukup dengan jari kita aja. Ih kan geliii pake jari :P pasti lecet-lecet gitu, tenang, LCD nya kuat kok, paling cuma kotor bekas sidik jari dimana-mana, gampang dibersihin pake lap kacamata atau semacamnya. Sisanya ada speaker dan dibawah ada home button, yang berfungsi untuk kembali ke menu awal. Dibagian samping iphone ada dua tombol, tombol atas berfungsi sebagai silent ringer, jadi lagi meeting ato ujian lupa di silent trus tiba-tiba ada sms ato telp tinggal pencet tombol itu, bawahnya ada tombol volume. Dibagian belakang kiri atas ada lensa kamera 2 MP. Dibagian atas iphone itu ada sleep/wake button, jack headphone, sama tempat masukin sim card. Dibagian bawah ipod ada ipod jack, speaker, dan mic. Overall body dari iphone ini keliatan ringkih sebenernya, dengan mayoritas layar kaca ( tiviiii kali ah layar kaca ) mungkin biar aman pake pouch, atau screen protector yang seperti gue bilang, biar iphone lu tetep kinclong.

The Brain



Ok, abis kita merhatiin bodynye, kita liat otaknye, ada gak otaknye ? adaaa siiih tapi gak pinter-pinter amat. For those who tought that iphone ini adalah smart phone, mmmh boleh kecewa, karena untuk keperluan kaya ngedit dokumen atau semacamnya, iphone ngga bisa, mungkin belum. Tapi dia juga gak bego kok, mungkin kalo gue bilang dia lebih tepat dibilang sebagai, multimedia phone. Kenapa bgitu ? bgini ceritanya..

Operating system dari iPhone ini menggunakan MAC OSX, dengan ada beberapa komponen yang dikurangi tentunya supaya baik jalannya hey! Tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk..eeehm Anywaaaaaaaaay..pertama kali iPhone dinyalakan lu-lu semua akan mendapatkan interface dengan wallpaper dan tombol slider, ini fungsinya sbg keylock, jadi kalo lu mau masuk ke iPhone’s home screen, lu harus menggeser tombol slider itu. Di iphone home screen, lu akan meliat beberapa shorcut aplikasi. Dibagian atas ada aplikasi :

1. Text (SMS messaging),
2. Calendar,
3. Photos,
4. Camera,
5. YouTube,
6. Stocks,
7. Maps (Google Maps),
8. Weather,
9. Clock,
10. Calculator,
11. Notes,
12. Settings,
13. iTunes.

Dibagian bawahnya ada shortcut :

1. Phone
2. Mail
3. Safari
4. Ipod

Well to tell you the truth, iPhone ini masih banyak kekurangan di bagian “Otak”nya, mmmh well, I hate to say it, tapi ada beberapa fitur yang biasa ada di handphone yg umum kita pake gak ada di iPhone, antara lain :

1. Buat lu yang suka pake ringtone suara-suara aneh atau bait lagu, sorry to say iPhone gak bisa dimasukin ( uuuu dimasukin :P ) costumize ringtone, well at least not by default, lo harus download software third party biar biasa masukin lagu-lagu buat ringtone.
2. Buat yang suka MMS, forward sms, multiply-recepient sms, iPhone gak dilengkapi dengan fasilitas itu, jadi kalo misalnya pas hari raya ni biasanya, yang udah nyiapin template trus send to many, maap-maap ni cuy, kagak bisa begitu kalo pake iPhone.
3. Gak bisa kirim business card/contact, katanya, tapi yang ini belom pernah coba.

Seenggaknya itu “kebegoan” iPhone yang keliatan sama gue setelah gue coba, agak-agak mengganggu sebenernya terutama kekurangan di fitur sms, tapi yak an katanya kita harus menerima segala kelebihan dan kekurangan :P jadi yaaaaa, oh iya one more thing, iPhone sebenernya belom resmi masuk Indonesia, jangan Indonesia, masuk Asia aja belom resmi, jadi iPhone yang beredar sekarang ini adalah iPhone ‘crack’an alias BM, one thing you can’t do is Upgrade the firmware, jangan sekali-kali Upgrage firmware iPhone lu ke versi yang lebih baru, kalo mau coba boleeh, tapi iPhone lu akan seketika berubah menjadi iPod Touch berkamera, alias fitur nelponnya gak bisa dipake lagi. Ooooo believe me, I’ve seen it. Heuheuheheuhe.

The Gut & Stamina


Body oke, otak mayan laah..kalo stamina sama memori gimana ? pertama-tama mau gue bilang kalo batre iPhone ini mirip iPod, yup, jadi gak bisa dibuka-buka seenaknya kaya hape-hape kebanyakan, konon katanya batre iPhone ini sanggup memutar video sampai tujuh jam, enam jam web browsing, atau delapan jam talk-time tergantung dari konfigurasinya. Untuk musik, katanya bisa sampe 24 jam, dan untuk standby time nya bisa sampai 250 jam, hey not bad, oh iya, untuk memorinya ada dua macem, ada yang 4 giga sama 8 giga. Tergantung kebutuhan lu aja, masalahnya harganya juga lumayan bedanya.

The Voice

Not much to say buat suaranya, sama kaya iPod, didalem box iPhone juga udah dikasih stereo earphone yang berfungsi juga sebagai handsfree, Kualitas suaranya ? mirip sama earphone ipod yang udah-udah, mayan laah, loud speakernya jg lumayan bagus. Ya intinya gak mengecewakan lah.

The Eye



Nah ini ni buat penderita narcissticus frendstericus acut, alias yang suka upload foto-foto narsis nya di frenter, ( frenster udah gak jaman, yg jaman sekarang facebook :P add me ya !! heuheuehuee ) kamera 2 MP dibelakang body iphone ini hasilnya boleh dibilang bagus kalo terang, kalo gelap wasalam dah, soalnya mode kameranya gak bisa diapa-apain, cuma ada tombol jepret doangan cuy. Gak ada flash, gak ada auto focus, jadi saran gue mending bawa kamera pocket enakan, selain udah murah, megapixelnya gede, hasilnya bagus. Lho kenapa gue jadi bandingin sama kamera pocket ya ?!
The Connection
Selain infrared, semua koneksi ada dimari, kabel data dapet, dock nya juga dapet, Bluetooth ada ( walaupun terbatas koneksinya ), Wireless, wess jangan tanya!! Untuk masalah browsing, iPhone boleh deh diacungin jempol, atu aja tapi gak usah banyak-banyak, ntar geer, iPhone ini dilengkapi sama software safari browser ( browser bawaanya mac semacam ie kalo di windows ) browsing pake iphone tergolong enak dan asik, karena layarnya bisa ditidurin ( tapi ati2 jangan sampe anak orang kenapa-napa kalo abis ditidurin, lho kok.. ) jadi viewnya bisa lebih luas. Oh iya button Youtube itu bukan tanpa guna, dia bisa langsung connect ke Youtube dan streaming video lewat iPhone kamu, yaa…video yang diterima langsung dimainkan di iPhone kamu lho ( maap kebanyakan liat iklan chat & date ) :P



The Pros :

Ok, setelah gue jelasin panjang tapi gak lebar, gue mau ngasih garis besar kenapa iPhone layak dimiliki, tidak bukan dan tidak lain karena :

1. Gorgeous design, bgitu steve jobs pertama kali ngumumin iPhone dan gue liat designnya, daku langsung jatuh hati padanya. Seperti kata gue diatas, sangat apple sekali, simple dan gak neko-neko.
2. It’s 3 in 1 devices, tau artinya ? peralatan yang cuma bisa dipake waktu jam 3 in 1, heuheueh maap jayus, iPhone itu adalah handphone, ipod, dan mobile web browser, jadi lu gak usah bawa tetek bengek lagi kalo lagi begoool, cukup iPhone satu.
3. Fitur Multi-touch nya, lo harus coba sendiri, it’s fun.

The Cons :

Itu plus nya, kalo minusnya ? adaa produk ini jg gak lahir tanpa cacat, menurut gue produk ini masih prematur, kenapa gitu ?

1. iPhone ini masih belum rilis resmi di Asia, jadi kalaupun lo lo pada nemu yang jual iPhone, itu BM cuy, dan harus diutak-atik dulu biar bisa pake kartu sini.
2. Belum 3G, yup sadly iPhone ini gak support 3G
3. Gak ada infrared dan konektivitas Bluetooth yang terbatas
4. Virtual Keypad yang perlu penyesuaian lama biar gak salah pijit
5. Dengan Body depan yang mayoritas LCD sangat rentan sekali dengan apa yang namanya lecet. Jadi ya harus pake screen protector dan gak bisa ditaro disembarang tempat.

The Score :

Jadi pah ( jerapah maksudnya ) menurut lo gue beli gak tu iPhone ?? yaaa tergantung lo siiih, tapi kalo kata gue jangan dulu, kenapa, karena kalo lu adalah orang yang sangat bergantung kepada henpon lu, ( bergantung kok di handphone :P ) apalagi yang biasa pake smartphone atau pda phone, lu akan menemukan banyak kekurangan di iPhone ini, tapi kalo beli buat gaya-gayaan, ya gue saranin pake iPhone, gayaa beet gituuuu..huheuuhe.

NB : foto dan video gue ambil dari berbagai macam sumber, gue belom sempet moto dan bikin video sendiri, maap.










No comments: